Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Skala Ukuran Objek Dengan SCALE di AutoCAD

SCALE merupakan perintah yang memiliki fungsi untuk mengubah ukuran satu atau sekumpulan objek baik itu memperbesar ataupun memperkecilnya.  Untuk skala objek, tentukan titik dasar dan faktor skala. Titik dasar bertindak sebagai pusat operasi skala dan tetap diam. Faktor skala lebih besar dari 1 memperbesar objek. Faktor skala antara 0 dan 1 menyusutkan objek

PRAKTEK :

1. Jalankan Command : SC (SCALE) kemudian Enter
2. Klik pada Objekyang akan di rubah skalanya
3. klik pada Titik Dasar yang akan menjadi Porosdari perubahan objek
(Titik dasar yang Anda tentukan mengidentifikasi titik yang tetap berada di lokasi yang sama dengan ukuran perubahan objek yang dipilih)
4. Masukan angka skala perubahan yang diinginkan. Jika sudah tekan Enter untuk keluar  
(Faktor skala lebih besar dari 1 memperbesar objek. Faktor skala antara 0 dan 1 menyusutkan objek. Anda juga dapat menyeret kursor untuk membuat objek lebih besar atau lebih kecil)
Pada langkah ke 4, anda bisa juga ketik R (reference). Jika memilih menggunakan R, maka anda harus menentukan “specific reference length” (jarak referensi pada objek asli) dan specific second point (jarak objek referensi)
5. Setelah memilih R (Reference), anda klik pada titik Adan titik B (ini akan menjadi jarak referensi pada objek asli) kemudian titik C (yang jadi second poin sebagai referensi jarak perubahan) seperti gambar dibawah ini

KETERANGAN :

Copy : Membuat salinan objek yang dipilih untuk penskalaan dan tetap mempertahankan objek aslinya
Reference : Menskalakan objek yang dipilih berdasarkan panjang referensi dan panjang baru yang ditentukan

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Skala Ukuran Objek Dengan SCALE di AutoCAD"