Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Kerapatan Tipe Garis Putus-Putus Dengan LINETYPE SCALE AutoCAD

Garis non continue terkadang memiliki kerapatan yang kurang presisi atau pas terhadap gambar yang dikerjakan. Maka dari itulah kita harus mengatur nilai variablenya agar tipe garis terlihat baik digunakan dalam penggambaran

Linetype Scale merupakan perintah yang berfungsi untuk mengatur kerapatan tipe garis non-continuous. Semakin besar nilai variable yang di berikan, maka semakin renggang juga interval garis non-continuousnya, begitupula sebaliknya.

PRAKTEK :

Mengatur Skala Tipe Garis Global Dengan LTSCALE

LTSCALE merupakan variable untuk mengatur skala tipe garis yang berlaku pada semua objek non-continuous baik yang sudah anda buat sebelumnya ataupun yang baru akan anda buat setelahnya maka variabelnya akan mengikuti pengaturan pada LTSCALE ini. Perhatikan contoh gambar berikut ini
Langkah pertama Mengatur Kerapatan Tipe Garis Putus-Putus Dengan LINETYPE SCALE AutoCAD
Gambar objek non-continuous di atas memiliki nilai variable skala tipe garis 0.1 dan akan kita rubah menjadi 0.2. Silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

Jalankan Command : LTS (LTSCALE) kemudian Enter Lalu masukan nilai 0.2 kemudian Enter. Dan lihat hasilnya dibawah ini
Langkah ke dua Mengatur Kerapatan Tipe Garis Putus-Putus Dengan LINETYPE SCALE AutoCAD
Sekarang semua garis non-continuous memiliki kerapatan yang berbeda dari sebelumnya karena skala tipe garisnya sudah dirubah tadi secara global menjadi 0.2

Mengatur Skala Tipe Garis Individu Dengan CELTSCALE

CELTSCALE merupakan variable yang mengatur skala tipe garis yang bersifat individu. Berbeda dari LTSCALE, anda dapat memberikan nilai yang berbeda untuk setiap objek dan perubahan kerapatan yang terjadi hanya pada garis non-continuous yang anda pilih baik itu objek baru maupun yang sudah ada

1. Untuk mengatur skala tipe garis yang akan diberlakukan terhadap Objek Baru, maka langkahnya adalah sebagai berikut :

Jalankan Command : CELTSCALEKemudian Enter

Setelah itu masukan nilai variable yang akan diterapkan. Maka setiap objek non-continuous yang dibuat setelah anda menjalankan perintah ini akan digambar dengan skala tipe garis di atas.
Langkah pertama Celtscale Mengatur Kerapatan Tipe Garis Putus-Putus Dengan LINETYPE SCALE AutoCAD
Perhatikan gambar rectangle diatas (Gambar Kanan) yang baru dibuat memiliki kerapatan garis yang berbeda dari objek disampingnya karena nilai skala tipe garis individunya sudah dirubah menggunakan CELTSCALE.

2. Untuk mengatur skala individu yang akan diberlakukan pada Objek Yang Sudah Ada, anda bisa melakukannya dengan menggunakan properties agar lebih mudah dalam merubah dan menyesuaikan dengan objek penggambaran lainnya di AutoCAD. Silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

Jalankan Command : Properties kemudian Enter. Maka akan muncul Jendela Properties lalu Klik pada objek garis Non-Continuous yang akan dirubah. 

Pada Jendela Properties objek yang dipilih, rubah nilai Linetype Scale untuk merubah kerapatan garis non-continuous.
Maka kini objek yang anda pilih tadi sudah berubah dan memiliki kerapatan yang berbeda dari sebelumnya. Sedangkan objek non-continuous lainnya tidak berubah kerapatan garisnya. Menggunakan cara ini, maka nilai variable yang anda masukan tadi tidak akan berlaku untuk Linetype baru dan hanya berlaku pada objek yang dipilih saja.

CATATAN :

Ketika anda telah mengubah tipe garis objek menjadi non-continuous akan tetapi anda tidak melihat perubahan yang terjadi pada objek tersebut, maka  hal ini bisa disebabkan oleh kerapatan tipe garisnya belum proposional dibandingkan dengan ukuran gambar (terlalu besar/Kecil). Maka variable yang diubah untuk kasus ini adalah skala globalnya (LTSCALE)

Jika anda telah membuat beberapa objek dengan tipe garis non-continuous, dimana sebagian besar skalanya tipe garisnya sudah proporsional, dan hanya sebagian objek saja yang terlalu rapat atau renggang, maka yang diubah adalah skala individu (CELTSCALE) atau PROPERTIES-nya

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Kerapatan Tipe Garis Putus-Putus Dengan LINETYPE SCALE AutoCAD"